Sabtu, 09 Juli 2016

WOW !!! Ditemukan Cacing Raksasa di Negara Bagian Victoria 'Geli Ahhh'



JAGADPOKER-Salah satu daerah yang terkenal sebagai tujuan wisata di negara bagian Victoria adalah kota Melbourne. Tapi kali ini Travelingyuk tidak akan membahas kota tersebut melainkan sebuah kota kecil bernama Warragul yang berjarak 104 kilometer arah tenggara Melbourne. Di kota ini traveler punya kesempatan untuk berjumpa dengan cacing tanah raksasa berukuran 2 meter. Iuh!

Dilansir Travelingyuk dari situs wisata resmi Victoria, Warragul adalah sebuah kawasan yang memiliki pertanian maju dan menjadi kota penghasil susu terbesar untuk Melbourne. Pilihan wisata yang ada di sana antara lain rekreasi ke taman, air terjun, danau dan trek hikking. Tak ketinggalan pula sebuah pemandangan langka berupa penampakan cacing raksasa yang bikin geli.

Adalah Megascolides Australis, spesies cacing tanah yang dapat tumbuh hingga panjang 2 meter. Cacing ini awalnya ditemukan oleh seorang surveyor di tahun 1870-an di daerah Warragul, Victoria, Australia. Saat itu hewan tersebut dikira ular hingga akhirnya dibawa ke Direktur National Museum of Victoria untuk diteliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hewan tersebut bukanlah ular melainkan cacing tanah yang kemudian diberi nama ilmiah Megascolides Australis. Namun bagi warga setempat cacing langka ini dikenal dengan nama cacing tanah raksasa Gipsland.

Jika umumnya cacing tanah begitu mudah ditemukan di kawasan rawa dan tanah-tanah yang lembab namun cacing yang satu ini sangat sulit ditemukan. Keberadaannya sangat langka karena cacing ini tinggal di dalam tanah yang jauh dari permukaan. Selain itu lubang-lubang tanah yang mereka buat juga kerap tertutup oleh air hujan.

Cacing tanah raksasa Gipsland ini hanya bisa ditemukan di Lembah Sungai Bass di selatan Gippsland dengan area seluas 100 ribu hektar. Sayang jumlah populasinya kian menipis lantaran meningkatnya pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut hingga akhirnya cacing raksasa ini masuk dalam daftar hewan yang dilindungi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar