Rabu, 06 Juli 2016

Beberapa Tradisi Perayaan Idul Fitri Paling Unik di Dunia



JAGADPOKER-Bulan Ramadan resmi berakhir pada Rabu (6/7). Tibalah hari kemenangan, Idul Fitri, dirayakan penuh sukacita di seluruh dunia.

Berbeda dari kebiasaan umat muslim Timur Tengah, perayaan Idul Fitri di Indonesia terhitung lebih meriah dibanding Idul Adha.

Masyarakat muslim Tanah Air punya beberapa ritual khas yang sulit dicari padanannya di negara muslim lainnya. Misalnya saja tradisi mudik dari kota besar ke kampung halaman, membuat ketupat, serta memasak opor ayam untuk sajian keluarga sesudah salat Ied. Demikian pula tradisi saling mengunjungi tetangga di hari raya.

Kendati begitu, umat muslim di pelbagai negara tetap punya caranya masing-masing merayakan Idul Fitri. Ada yang menempatkan Idul Fitri tak lebih meriah dibanding Idul Adha. Namun ada juga negara, yang seperti Indonesia, memberlakukan libur nasional panjang untuk menandai akhir bulan puasa.

Merangkum setidak nya ada tiga tradisi perayaan Idul Fitri paling unik di dunia, yang khas di setiap negara. Unik di sini artinya seperti kehadiran ketupat atau baju koko yang hanya ada dalam kebiasaan muslim Indonesia.

Seperti apakah tradisi-tradisi unik tersebut? Berikut rangkumannya:




www.jagadpoker.net-Umat muslim di Turki menempatkan Idul Fitri lebih penting dibanding Idul Adha, sama seperti tradisi Indonesia. Pemerintah Turki menetapkan libur nasional sebanyak tiga hari di luar hari raya.

Namun yang berbeda dari perayaan Idul Fitri di Tanah Air terletak pada tradisi kulinernya. Permen atau gulali akan sangat melimpah di rumah-rumah keluarga muslim Turki setelah Salat Ied.

Warga setempat menyebut Idul Fitri sebagai 'Hari Raya Gula' alias Seker Bayram. Setiap keluarga akan mengantarkan manisan, permen, dan semacamnya ke tetangga mereka, seperti dilansir situs eid.net.in.

Permen ini jadi komponen wajib, sudah biasa jika anak kecil akan berkeliling kampung untuk mencari gula-gula sebanyak mungkin. Bagi orang Barat, tradisi Idul Fitri di Turki sekilas lebih mirip Helloween.

Turki juga mengenal tradisi mudik, namun skalanya tidak sebesar di Pulau Jawa. Biasanya umat muslim akan melakukan ziarah kubur setelah salat Ied.





www.jagadpoker.org-Dari 56 etnis diakui pemerintah China, ada 10 etnis yang penduduknya mayoritas muslim.
Untuk warga muslim dari etnis Hui di Provinsi Ningxia, ada satu tradisi setelah Salat Idul Fitri yang tak pernah ditinggalkan yakni ziarah kubur.

Ziarah kubur mereka terlihat unik karena masih memakai hiu atau dupa, laiknya tradisi khas warga Tionghoa. Umat muslim di China biasanya memanjatkan doa selain untuk keluarga, juga ditujukan buat ribuan nenek moyang mereka yang tewas akibat Revolusi Kebudayaan serta persekusi Dinasti Qing.

Muslim etnis Hui populasinya mencapai 2,36 juta orang. Nyaris seluruhnya tinggal di Yinchuan, Ibu Kota provinsi Ningxia, seperti dilansir Kantor Berita Xinhua.





www.gula77.com-Perayaan Idul Fitri setelah Salat Ied di Afrika Selatan tak terlalu berbeda dari negara lain. Kendati demikian, yang berbeda justru sehari sebelumnya, tepatnya malam sebelum tiba hari raya.

Ratusan umat muslim di Kota Cape Town akan sengaja datang ke puncak bukit Green Point yang berada di tepi pantai. Mereka beramai-ramai melihat posisi hilal yang menandakan berakhirnya bulan Ramadan.

Ritual ini sudah berlangsung bertahun-tahun di Afrika Selatan. Setelah dipastikan hilal terlihat, maka ratusan orang bersama keluarga masing-masing akan menggelar buka puasa bersama.

Mereka lantas beranjak melakukan tarawih bersama di Masjid Jami Cape Town, seperti dilansir situs the holiday spot.



1 komentar: